Cara Memilih Joran Terbaik Untuk Kegiatan Memancing Anda


Cara Memilih Joran Terbaik Untuk Kegiatan Memancing Anda

Seringkali diabaikan, memilih jenis joran yang tepat adalah salah satu faktor terpenting jika Anda ingin berhasil menangkap semua jenis ikan. Penempatan umpan yang tepat, tanpa membuat ikan ketakutan, dapat berdampak signifikan jika Anda ingin menangkap ikan apa pun di joran Anda. Menggunakan joran yang salah tidak akan memungkinkan Anda untuk melakukan cast sejauh atau seakurat mungkin. Gunakan joran yang tepat dengan teknik yang tepat, dan Anda bisa membawa banyak ikan ke keranjang ikan Anda. Batang yang tepat tidak boleh disamakan dengan yang mahal, karena tidak masalah jika Anda tidak tahu cara menggunakannya dengan benar. Menggunakan joran yang salah akan mempersulit Anda untuk memasukkan ikan ke dalam Livewell Anda. Jika Anda menggunakan joran yang salah, Anda akan sering bingung antara benturan keras, hang atau benturan dengan gigitan ikan, yang sejujurnya memalukan bagi Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan yang akan membantu Anda dalam membeli joran terbaik untuk Anda.

A. Panjangnya

Panjang joran adalah salah satu faktor terpenting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli joran baru. Ini berkisar dari batang 4 kaki kecil hingga yang panjang 14 kaki, tetapi umumnya, orang menggunakan batang 6 hingga 8 kaki. Aturan umumnya adalah bahwa tongkat pendek menghasilkan jarak pendek, sedangkan tongkat panjang menghasilkan jarak jauh. Joran yang lebih pendek digunakan untuk memancing dalam jarak dekat seperti memancing di kayak kecil atau perahu kecil di kolam. Joran yang lebih panjang umumnya digunakan untuk memancing di perairan terbuka yang besar. Mempertimbangkan panjang joran adalah kunci jika Anda ingin memancing di perairan kecil atau besar.

B. Bahan

Bahan

Joran Pancing biasanya terbuat dari bahan seperti fiberglass, grafit atau kombinasi keduanya. Batang fiberglass lebih kuat dibandingkan dengan batang grafit, karena grafit rapuh dan ringan serta cenderung lebih sering pecah daripada fiberglass. Batang fiberglass lebih berat dan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan rekan grafitnya. Grafit lebih ringan dan cenderung lebih sensitif. Itu membantu Anda dalam mendeteksi gigitan ikan dengan cepat. Kombinasi dari kedua bahan tersebut adalah pilihan yang tepat karena memberikan fleksibilitas serta tahan lama dan ringan pada saat yang bersamaan. Jenis bahan yang Anda pilih bergantung pada lokasi mana Anda akan memancing dan bagaimana kondisi sekitarnya.

C. Tindakan

Tindakan adalah titik pada joran yang akan melengkung saat Anda melemparkannya. Ada dua jenis tindakan yang umum, cepat dan lambat. Joran aksi cepat lebih banyak membungkuk dari ujung joran, sementara joran aksi lambat lebih banyak membungkuk dari pantat joran. Sebagian besar nelayan bass mencari joran fast action karena mereka memiliki tulang punggung yang lebih kaku dan biasanya digunakan untuk menangkap ikan yang lebih besar. Ini biasanya lebih disukai daripada batang aksi lambat. Anda harus mempertimbangkan ini saat membeli batang baru untuk diri Anda sendiri. Itu juga tergantung pada jenis ikan apa yang Anda rencanakan untuk ditangkap.

D. Menangani

Kebanyakan gagang joran dari www.betberry.org terbuat dari gabus, busa, atau kombinasi keduanya. Pilihan yang Anda tuju ditentukan secara ketat oleh perasaan yang Anda cari. Itu tergantung pada preferensi pribadi seseorang untuk jenis pegangan apa yang paling mereka sukai. Anda juga dapat memilih dari pancing yang lebih pendek atau lebih panjang. Pegangan yang lebih pendek pada joran biasanya digunakan untuk casting yang akurat pada jarak yang lebih pendek, casting dengan satu tangan dan roll casting. Pegangan yang lebih panjang digunakan untuk casting jarak jauh, karena memungkinkan Anda memegang joran pancing dengan kedua tangan Anda dan merobeknya dari kejauhan.

E. Rod Reel

Rod Reel

Anda juga harus melihat jenis gulungan yang Anda inginkan pada joran Anda. Gulungan dikategorikan sebagai gulungan berputar atau casting. Reel pemintalan memungkinkan lebih sedikit kontrol, tetapi memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik dan sering digunakan oleh pemula. Itu juga kurang rentan untuk kusut. Reel casting memungkinkan lebih banyak kontrol dengan menggunakan ibu jari Anda untuk mengontrol akurasi cast, tetapi, ini juga membuatnya lebih sulit untuk digunakan dan harus dihindari jika Anda seorang pemula yang ingin membeli tongkat baru.